Jumat, 08 Juni 2012

Dr. M. Umer Chapra, Ekonom Muslim Kontemporer




Siapa yang tidak kenal film india? Siapa yang tidak tahu kota yang sering jadi latar belakang film-film India. Ya…. kota Bombay….  Pasti semuanya kenal dengan nama satu kota ini. Tapi apakah kamu tahu di kota ini lahir seorang ekonom muslim yang terkenal di dunia barat dan timur? Ya dialah Ekonom asal Pakistan, namanya adalah M. Umer chapra lahir  pada tangal 1 februari 1933 di Bombay India. Ayahnya bernama Abdul karim chapra. Chapra dilahirkan dalam keluarga yang taat beragama, sehingga ia tumbuh menjadi sosok yang mempunyai karakter yang baik. Keluarganya termasuk orang yang berkcukupan yang memungkinkan ia mendapatkan pendidikan yang baik pula. Masa kecilnya ia ahbiskan ditanah kelahirannya hingga berumur 15 tahun. Kemudian ia pindah ke Karachi untuk meneruskan pendidikannya disana sampai meraih gelar Ph.D dari universitas Minnesota.  Dalam umunrnya yang ke 29 ia mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi Khoirunnisa Jamal Mundia di tahun 1962.

Dalam karir intelektualnya DR. M.Umer Chapra mengawalinya ketika mendapatkan medali emas dari Universitas Sind pada tahun 1950 dengan prestasi yang diraihnya sebagi urutan pertama dalam ujian masuk dari 25.000 mahasiswa. Setelah meraih gelar S2 dari Universitas Karachio pada tahun 1954, dan pada 1956 karir akademisnya berada pada tingkat tertinggi ketika meraih gelar doktoralnya di Minnesota, Mineapolis. Pembimbingnya Prof. Harlan smith, memuji bahwa Chapra adalah seorang yang baik hati dan mempunyai karakter yang baik dan kecemerlangan akademis. Menurut Profesor ini Chapra adalah orang yang terbaik yang pernah dikenalnya bukan hanya di kalangan mahasiswa namun juga seluruh kalangan.

DR. Umer Chapra terlibat dalam berbagai organisasi dan pusat penelitian yang berkonsentrasi ekonomi islam. Saat ini dia menjadi penasehat pada Islamic research and training institute (IRTI) dari IDB Jeddah. Sebelumnya ia  menduduki posisi di Saudi Arabian monetry agency (SAMA) Riyadh selama hampir 35 tahun sebagai penasihat peneliti senior. Lebih kurang selama 45 tahun beliau menduduki profesi di berbagai lembaga yang berkaitan dengan persoalan ekonomi diantaranya 2 tahun di Pakistan, 6 tahun di USA, dan 37 tahun di Arab Saudi. Selain profesinya itu banyak kegiatan yang dikutinya antara lain yang diselenggarkan IMF, IBRD, OPEC, IDB, OIC dll. Wah banyak sekali ya…. Siapa yang mau mengikuti beliau…

Beliau sangat berperan dalam perkembangan ekonomi islam . Ide ide cemerlangnya banyak tertuang dalam karangan-karangnya. Kemudian karena pengabdiannya ini beliau mendapatkan penghargaan dari Islamic development bank dan dari King faisal international award.  Kedua penghargaan ini diperoleh pada tahun 1989.

0 komentar:

Posting Komentar